Senin, 02 Januari 2012

alat musik tradisional jawa barat

| Senin, 02 Januari 2012 | 1 komentar

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang kaya akan adat istiadat. Salah satu kekayaan adat istiadat yang ada yaitu alat musik Jawa Barat itu sendiri. Alat-alat yang dibuat dan diciptakan untuk menimbulkan bunyi-bunyian. Bunyian-bunyian ini nantinya digabungkan menjadi satu kesatuan dalam kesenian tertentu yang tumbuh dan berkembang di Jawa Barat.


Mari kita telusuri beragam alat musik Jawa Barat yang masih ada. Bahkan, sudah punah saat ini. Alat musik menjadi ciri khas suatu kesenian yang berasal dari suatu daerah.Alat musik Jawa Barat memiliki bunyi, karakter, dan fungsi serta cara memainkan yang beragam.


Alat musik Jawa Barat menjadi satu dari sekian banyak alat musik tradisional yang dimiliki Indonesia. Keunikan dan kekhasan alat musik Jawa Barat menjadi satu hal yang harus terus dilestarikan, baik oleh masyarakat Sunda maupun masyarakat Indonesia. Upami sanes urang Sunda, saha deui atuh nya?


Kesenian Jawa Barat memang cukup kaya, satu di antara sekian banyaknya kesenian yang dimiliki Indonesia. Bukan hanya alat musik Jawa Barat, tapi juga tarian khas Jawa Barat, makanan khas Jawa Barat, dan upacara pernikahan khas Jawa Barat. Semuanya khas Jawa Barat.


Alat musik Jawa Barat memiliki fungsi yang hampir sama dengan dengan alat-alat musik yang datang dari daerah lain. Ditampilkan saat acara-acara tertentu, seperti pernikahan, dan khitanan. Dan aura yang terpancar ketika alat musik Jawa Barat itu dimainkan pasti akan berbeda jika Anda mendengarkan musik-musik dangdut khas acara pernikahan.


Berdasarkan cara memainkannya, alat musik Jawa Barat dibedakan menjadi tiga, Alat musik Jawa Barat yang berbunyi jika dipukul, alat musik Jawa Barat yang berbunyi jika ditiup, dan alat musik Jawa Barat yang berbunyi jika digesek. Berikut ini adalah alat-alat musik Jawa Barat yang salah satunya sempat menjadi konflik antara dua negara.


1. Alat Musik Jawa Barat - Jenis Alat Musik Pukul


Alat musik Jawa Barat yang dimainkan dengan cara dipukul merupakan jenis alat musik yang paling banyak ditemukan. Sebagian besar digunakan untuk kesenian degung yang memang merupakan salah satu jenis seni musik di Jawa Barat.


Berikut ini merupakan beberapa alat musik pukul yang termasuk dalam kategori alat musik Jawa Barat.


1. Alat Musik Jawa Barat - Kendang


Alat musik ini terdiri dari bahan kayu dan kulit. Kendang memberi ritme pada degung. Fungsinya untuk mengatur irama lagu agar tetap berirama dan teratur. Alat pemukulnya taklain adalah tangan.


Biasanya, pemain kendang yang sudah profesional, akan memiliki iramanya sendiri. Dia ibarat sudah bersahabat dengan alat musik Jawa Barat yang satu ini. Sehingga, biasanya beda pemain kendang akan beda nuansa yang diciptakan. Karena terlalu asik, pemain kendang takjarang mengeluarkan kata-kata heboh yang dapat membuat siapapun menjadi bersemangat.


2. Alat Musik Jawa Barat - Kulanter


Hampir sama dengan kendang, baik bahan maupun bentuknya. Perbedaannya terletak pada ukurannya yang lebih kecil dibanding kendang. Kegunaannya sebagai pengiring kendang itu.


Perpaduan antara alat musik Jawa Barat kulanter dengan kendang akan menimbulkan harmonisasi nada yang enak didengar. Jika menghayati dan mengikuti iringan, bukan tidak mungkin Anda ikut bergoyang bersama hentakan nada tersebut.


3. Alat Musik Jawa Barat - Gong


Alat musik Jawa Barat yang satu ini terbuat dari tembaga yang dicat dengan warna emas. Dibuat berongga sehingga menimbulkan suara yang menggaung. Alatnya digantung pada kayu menggunakan tali. Biasaya, digunakan untuk menandai lagu atau tembang dalam degung.


Apabila nada yang dihasilkan oleh alat musik Jawa Barat ini belum sesuai dengan yang diharapkan, permukaan gong dikerok atau dihaluskan agar permukaannya menjadi lebih tipis. Alat musik pukul ini ternyata bukan hanya dimiliki oleh Indonesia. Negara Korea Selatan pun memiliki alat musik ini dengan nama Kkwaenggwari.


4. Alat Musik Jawa Barat - Jengglong


Bentuk alat musik Jawa Barat yang satu ini hampir sama dengan goong, namun ukurannya lebih kecil dan lebih banyak. Umumnya, berjumlah enam dalam satu penggantungan dengan nada yang berbeda.Nada yang timbul tidak kalah menggema dibandingkan dengan gong, namun lebih ringan daripada goong. Biasanya, digunakan untuk membatasi bait-bait dalam nada.


5. Alat Musik Jawa Barat - Bonang


Alat musik Jawa Barat yang berbunyi jika dipukul ini terbuat dari tembaga. Jenisnya hampir mirip seperti jengglong dan gong. Namun, bentuknya lebih kecil dan lebih banyak. Alat musik ini tidak digantung seperti gong dan jengglong, melainkan ini disusun rapi pada dua tempat dan dimainkan oleh dua tangan.


Alat musik ini ditempatkan berjajar. Alat penopangnya bisa terbuat dari kayu ataupun besi. Biasanya berbentuk seperti perahu dengan hiasan di ujungnya. Alat pemukul yang digunakan terbuat dari kayu yang ujungnya dilapisi sesuatu, baik karet maupun bahan kain.


6. Alat Musik Jawa Barat - Saron atau Peking


Alat musik Jawa Barat yang satu ini terbuat dari tembaga kecil-kecil dengan ukuran berbeda yang disusun rapi berdasarkan titi nada. Berfungsi sebagai melodi dalam degung. Meskipun kecil, alat musik ini berperan besar dalam tercptanya harmonisasi nada.


7. Alat Musik Jawa Barat - Panerus


Alat musik Jawa Barat yang satu ini bahan dan bentuknya hampir sama dengan saron, namun ukurannya lebih besar sehingga menghasilkan nada yang lebih besar pula. Biasanya, digunakan layaknya gitar rhytem pada sebuah band.


8. Alat Musik Jawa Barat - Gambang


Bahan dan bentuk dari alat musik Jawa Barat yang satu ini hampir sama dengan saron dan panerus, namun pada gambang, tembaga yang disusun lebih besar dibanding panerus. Fungsinya seperti bas pada band.


Alat Musik Jawa Barat - Jenis Alat Musik Tiup


1. Alat Musik Jawa Barat - Suling


Alat musik Jawa Barat ini juga merupakan salah satu instrumen gamelan. Alat yang paling sederhana tetapi memiliki peran penting dalam melodi pada gamelan. Terbuat dari bambu berukuran kecil yang dilobangi. Bagian atasnya, dipotong miring dan menggunakan tali rotan untuk ditiup. Suling ini ada yang berlobang empat dan berlobang lima. Jumlah lobang menentukan nada yang dihasilkan, yaitu sistem salendro dan pelog. Alat musik ini juga sering ditemui pada musik dangdut.


Alat Musik Jawa Barat - Jenis Alat Musik Gesek


1. Alat Musik Jawa Barat - Rebab


Rebab terdiri dari dawai yang digesek. Bentuknya semacam busur. Dimainkan sambil duduk dan digesek sesuai melodi yang dibutuhkan. Fungsinya menjadi melodi, biasanya beriringan dengan suara suling dan sinden. Alat musik Jawa Barat yang satu ini benar-benar selaras dengan alat musik lainnya.


2. Alat Musik Jawa Barat - Tarawangsa


Bentuk alat musik Jawa Barat yang satu ini hampir sama dengan rebab, namun berbeda bentuk bagian bawahnya. Rebab berbentuk hati, sedangkan tarawangsa bentuknya persegi panjang. Fungsinya juga sama, biasanya tarawangsa lebih sering digunakan dalam musik pengiring bela diri khas Jawa Barat, yaitu pencak silat.


Alat Musik Jawa Barat - Jenis Alat Musik Getar


1. Alat Musik Jawa Barat - Angklung


Alat musik Jawa Barat  ini terbuat dari bambu ukuran kecil yang dibentuk dan disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan suara yang khas. Ukurannya beragam, bergantung nada yang dihasilkan. Jadi, walaupun hanya angklung yang dimainkan, bisa menjadi satu kesatuan lagu yang utuh. Beberapa waktu yang lalu, angklung sempat menjadi "tokoh utama" saat terjadi konflik antara Indonesia dan Malaysia.


2. Alat Musik Jawa Barat - Karinding


Alat musik ini terbuat dari bambu berukuran kecil yang dipahat dan dibentuk sedemikian rupa atau pelepah pohon kawung atau masyarakat Indonesia mengenalnya dengan sebutan pohon aren. Memainkannya cukup unik, disimpan di mulut tetapi tidak ditiup, melainkan digetar-getarkan sehingga menghasilkan suara karinding yang khas. Biasanya, dimainkan dalam upacara adat Jawa Barat untuk menghentikan hujan.


Alat Musik Jawa Barat - Jenis Alat Musik Petik


1. Alat Musik Jawa Barat - Kacapi


Alat musik Jawa Barat ini terbuat dari kayu berongga, hampir sama dengan gitar, hanya bentuknya lebih menyerupai kotak dengan dawai-dawai yang tersusun. Untuk memainkan nada-nadanya, Anda cukup memetiknya. Kacapi dalam gamelan berfungsi sebagai melodi. Berbeda dengan gitar, ketika memainkan kacapi, Anda tidak perlu memangkunya, cukup diletakkan lalu petik dawai-dawainya.

1 komentar:

Edi Pasir Jambu mengatakan...

punten naros ari niup suling degung kumahanya? hilap deui tosllami dijakarta

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com